Senin, 25 April 2016

Kapal Api Berbahan Bakar Minyak Goreng

Oleh: dr.iChal | Dibaca kali
Adakah?

Jangan terlalu serius kawan.

Kapal api yang saya maksud adalah kapal api mainan terbuat dari seng. Kawan-kawan yang masa kecilnya ada di tahun 80an kemungkinan besar tau kapal yang saya maksud.

Sebenarnya, kapal api mainan ini masih ada dijual sekarang. Tapi tampaknya telah tergeser oleh mainan impor yang lebih canggih.

Sejak dulu saya mengagumi kapal api mainan ini, kagum dengan sumber energi dan cara kerjanya.

Tenaga pendorong kapal bukan batre, tapi minyak goreng. Minyak ini akan meresap ke dalam kapas kecil yang ujungnya menyala. Nyala api akan memanaskan air di ruang kecil berbentuk segiempat di bagian tengah kapal. Ruang segiempat yang terbuat dari seng mempunyai dua saluran pipa kecil yang bermuara ke buritan kapal.

Air yang panas akan menguap dan uapnya dikeluarkan melalui pipa kecil. Proses keluarnya uap ini yang menjadi daya dorong bagi kapal. Tampaknya, uap air yang keluar dengan segera digantikan dengan air dari luar. Itulah sebabnya, air yang berada di dalam ruang segiempat tak habis-habis walaupun kapal sudah berjalan cukup lama.

Walaupun mainan tradisional ini tampak sederhana, jika melihat cara kerja mesinnya, tampak menggunakan prinsip fisika modern.

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar