Kamis, 28 Juli 2016

Yahoo dijual, Google di Atas Angin

Oleh: dr.iChal | Dibaca kali
Yahoo akhirnya dijual, sedangkan Google makin berkibar.

Padahal, Yahoo lebih dahulu 4 tahun mengembangkan mesin pencari, yaitu pada 2000.

Mengapa mesin pencari Yahoo dapat dikalahkan oleh Google?

Mesin pencari Yahoo bekerja mengandalkan manusia. Merekalah yang memilih halaman mana yang layak tayang di halaman hasil pencarian. Pada masa 16 tahun yang lalu hal ini mungkin tidak terlalu masalah, karena halaman internet yang dibuat belum begitu banyak. Beda dengan sekarang, ribuan halaman internet baru tercipta tiap hari.

Lain halnya dengan Google. Mereka mengandalkan algoritma otomatis untuk memilih halaman mana yang relevan dengan keinginan pencari. Algoritma ini cukup rumit. Mungkin ada yang pernah mendengar istilah Humming Bird, PageRank, sampai yang terbaru Google Brain. Tentu saja, dengan algoritma tersebut kemampuan pencarian hanya dibatasi oleh kemampuan komputer server. Yang konon kabarnya ratusan ribu jumlahnya.

Jadi, Yahoo mengandalkan manusia untuk mengerjakan hal teknis dan berulang-ulang, sedangkan Google mengandalkan mesin. Padahal manusia punya rasa lelah, jemu, dan berbagai keterbatasan lainnya.

Perbedaan nasib ini sepertinya sudah pernah juga terjadi, ketika Raja Catur Dunia Kasparov dikalahkan oleh Super Komputer Deep Blue.

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar