Kamis, 25 Agustus 2016

Kanker Mulut Rahim yang Bikin Nyesek

Oleh: dr.iChal | Dibaca kali

Ketemu teman di RS. Istrinya diopname gegara kanker mulut rahim. Dokternya bilang sudah stadium IIIb. Agak nyesek mendengarnya. Kenapa?

Pertama, stadium IIIb merupakan stadium lanjut. Sel kanker sudah merambah daerah di luar mulut rahim. Kadang-kadang sudah ada bibit yang menyebar ke sekujur tubuh, walaupun belum menampakkan diri.

Stadium IIIb ini lebih sulit diatasi. Perlu kemoterapi dan operasi. Bagi sebagian orang, kemoterapi merupakan mimpi buruk. Demikian pula dengan pembedahannya. Dokter seringkali terpaksa mengangkat rahim dan jaringan di sekitarnya.

Hal kedua yang bikin nyesek adalah, kanker ini, jika ditemukan pada stadium 0, bisa sembuh sempurna. Cara menemukannya pun gampang. Tinggal ke puskesmas untuk periksa IVA. Kalau punya BPJS asli gratis. Kalaupun bayar, tak sampai seharga sebungkus rokok yang konon katanya nanti sekitar 50 ribuan. Hasilnya pun bisa ketahuan secara realtime saat pemeriksaan.

Gak perlu takut kalo positif. Sel yang mulai nakal bisa dibunuh dengan dinginnya nitrogen cair. Nama pengobatannya adalah krioterapi. Mirip dengan pemeriksaan IVA, harga krioterapi juga murah meriah. Jika dibandingkan dengan biaya kemo dan operasi, seperti langit dan dasar samudra.

So, supaya ga ada lagi korban berikutnya, ayo rame-rame ke puakesmas untuk periksa IVA.


Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar