Senin, 29 Agustus 2016

Salah Paham Antibiotik

Oleh: dr.iChal | Dibaca kali

Antibiotik merupakan salah satu penemuan revolusioner awal abad  20. Fungsi antibiotik adalah membunuh bakteri penyebab penyakit.

Walaupun telah ditemukan hampir satu abad, masih banyak yang salah paham dengan antibiotik. Apa saja bentuk salah paham sebagian orang terhadap antibiotik? Berikut beberapa diantaranya.

Antibiotik diminum satu biji atau dua biji saja. Setelah penyakit mereda, antibiotik dihentikan. Padahal, bisa jadi bakteri penyebab penyakit masih tersisa walaupun penyakit tampaknya sudah mulai sembuh. Jika antibiotik diminum minimal 5 hari, bakteri yang tersisa akan tuntas.

Antibiotik untuk obat pegal linu. Ini bukan lelucon. Saya menemukannya sendiri. Seorang kawan minta obat asam mefenamat dan amoksisilin, katanya untuk mengobati badannya yang lagi pegal-pegal. Saya bilang asam mefenamat saja, tapi sang kawan berkeras. Gak mempan katanya kalo tidak pakai amoksisilin!

Minum ampisilin satu biji sebelum ‘jajan’. Untuk mencegah sifilis katanya. Ini juga membuat saya bingung.

Kesalahpahaman di atas semakin menjadi-jadi karena mudahnya seseorang mendapatkan antibiotik. Kalau kurang percaya, silakan ke apotik lalu bilang mau beli amoksisilin satu blister. Kemungkinan besar petugas apotik akan menjualnya ke Anda walaupun tak ada resep dari dokter.


Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar