Selasa, 23 Januari 2018

Ganasnya Racun Difteri

Oleh: dr.iChal | Dibaca kali
Bakteri penyebab difteri, Corynebacterium diphtheriae termasuk dalam jajaran bakteri berbahaya. Bakteri ini dapat membunuh manusia yang diinfeksinya dengan cara yang cukup unik.

Ketika bakteri mendarat di selaput lendir tenggorokan, dengan segera ia berkembang biak. Bukan hanya puluhan tapi mungkin sampai jutaan. Kalau cuma berkembang biak, mungkin tak begitu berdampak buruk. Masalahnya, bakteri ini mengeluarkan racun yang sangat ganas.

Racun tak hanya merusak selaput lendir tenggorokan, tapi juga menyebar ke segenap penjuru tubuh. Organ yang mendapat dampak signifikan adalah organ vital yang memegang peran penting untuk kelangsungan hidup manusia, yaitu jantung, otak dan saraf, serta ginjal.

Untuk menetralkan racun difteri yang beredar bersama darah, penderita harus segera disuntik dengan obat ADS (Anti Difteri Serum). Masalahnya, obat ini sangat sulit dicari, harganya pun sangat mahal.

Selain memberikan ADS, bakteri juga harus segera dibunuh menggunakan antibiotik. Kalau tidak, bakteri tersebut akan terus-terusan memproduksi racun.

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar