Minggu, 24 Februari 2019

Apakah Polio Bisa Disembuhkan?

Oleh: dr.iChal | Dibaca kali
Penyakit polio adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh umat manusia. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dinamakan virus polio. Virus polio sangat mudah menyebar dari satu orang penderita ke orang yang lain. Selain itu sebagian penderitanya akan mengalami kelumpuhan yang bersifat permanen. Kadang-kadang ada penderita yang daya tahan tubuhnya sangat kurang mungkin mengalami kematian.

Virus polio menyerang sel-sel yang ada di sumsum tulang belakang. Menyebabkan sel saraf tersebut kehilangan fungsinya. ketiadaan sel saraf menyebabkan otot-otot tubuh menjadi lumpuh. Contohnya otot kaki tangan dan sebagainya. Bagian tubuh yang lumpuh lama-kelamaan akan mengecil. Proses kecacatan ini bersifat menetap atau permanen. Tidak bisa disembuhkan. Mungkin hanya bisa dikurangi sedikit dengan latihan latihan.

Jadi apakah polio bisa disembuhkan? Jawabannya tidak. Tapi kita bisa mencegahnya dengan imunisasi. Dan bukankah pepatah mengatakan bahwa mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar