Minggu, 24 Februari 2019

Fotofobia dan Fonofobia

Oleh: dr.iChal | Dibaca kali
Fotofobia dan Fonofobia adalah 2 istilah yang lazim digunakan di dunia kesehatan. Keduanya merupakan gambaran suatu gejala penyakit.

Pengertian Fotofobia adalah kondisi dimana seseorang takut terhadap cahaya. Jika orang tersebut melihat cahaya maka dia akan silau dan tidak nyaman sehingga akan berusaha sekuat mungkin untuk menghindari menatap cahaya.

Sedangkan pengertian fonofobia adalah suatu keadaan dimana seseorang sangat sensitif dan takut terhadap suara. Jika mendengarkan suara maka gejala penyakitnya semakin bertambah.

Fotofobia dan Fonofobia dapat ditemukan pada penyakit migrain. Pada penyakit ini seseorang dapat mengalami silau yang amat sangat jika melihat cahaya. Selain itu gejala sakit kepalanya akan memberat jika mendengarkan suara. Jadi jangan heran jika ada penderita migrain marah-marah ketika ada orang yang ribet di sekitarnya.

Gejala Fotofobia dan Fonofobia juga ditemukan pada penyakit tetanus dan rabies. Oleh karena itu penderita penyakit ini di rumah sakit biasanya ditempatkan di ruang isolasi. Ruang tersebut dikondisikan supaya tenang dan minim cahaya. Karena jika ada cahaya atau suara penderita akan mengalami kejang-kejang.

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar