Minggu, 24 Februari 2019

Pengertian Dengue Fever

Oleh: dr.iChal | Dibaca kali
Pengertian Dengue Fever atau biasa disingkat DF adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti maupun Aedes albopictus. Proses penularannya adalah nyamuk menggigit penderita lalu memindahkan virusnya dengan menggigit orang lain yang sehat di sekitarnya.

Disebut Dengue Fever jika penyakit DBD atau penyakit dengue mempunyai gejala yang ringan. Penderita mungkin hanya merasakan badan sedikit demam, sedikit sakit kepala, dan rasa tidak enak di persendian. Tidak sampai muncul bintik merah atau perdarahan dari hidung dan sebagainya.

Jika sudah muncul perdarahan minimal bintik merah di sekujur tubuh maka penyakit tidak lagi disebut dengue fever tetapi disebut dengue hemorrhagic fever. Disingkat DHF.

Sedangkan jika perdarahan sangat hebat dan tekanan darah sudah turun serta trombosit sangat berkurang maka penderita bisa dikategorikan sebagai dengue shock syndrome. Disingkat DSS. Keadaan ini sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Penderita bisa mengalami kematian.

Ketiga jenis penyakit DBD di atas sama-sama disebabkan oleh virus dengue. yang membedakan adalah berat ringannya gejala yang muncul. jika gejalanya sangat ringan atau minimal maka disebut Dengue Fever saja.

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar